Minggu, 08 Juli 2012

JAGA LAUT KITA BAIK BAIK

AKSI PEDULI KOMUNITAS DAN BERSIH PANTAI SELATAN GUNUNGKIDUL 
,8 JULI 2012 PANTAI SUNDAK GUNUNGKIDUL


1.Iklim dan kondisi geografis pantai selatan Gunungkidul
Laut adalah jalan dan pintu kebudayaan, dari sana dialog antar negeri terjadi, Indonesia yang merupakan negara maritim terbesar agaknya telah lupa bahwa betapa penting keberadaan lautnya. Banyaknya masalah yang lain mengakhibatkan kondisi pantai tidak terurus. Hal itu di perparah kurang  adanya kemampuan dan perlindungan Negara terhadap pantai pantainya.
2.Laut selatan Gunungkidul yang kaya akan potensi harus di jaga kelestariannya.
Disepanjang bibir pantai selatan Gunungkidul berderet puluhan pantai. Pantai pantai tersebut rata rata masih alami dan berkembangnya pariwisata Gunungkidul  membawa dampak positif, namun sayangnya hal tersebut tidak di imbangi kesadaran wisatawan untuk  menjaga kelestariannya. Banyaknya sampah yang menumpuk dan maraknya pencurian pasir pantai adalah problema yang harus di atasi bersama.
Tentu hadirnya pantai yang besih juga akan membuat kawasan tersebut nyaman. Perlu juga adanya rambu rambu kreatif dan inovatif di setiap venue pantai untuk memberikan pemahaman bersama tentang pentingnya menjaga kelestarian pantai

Hal apa saja yang dapat kita lakukan untuk menjaga kelestarian pantai


-          Selalu berfikiran positif bahwa pantai adalah kekayaan alam yang harus dilestarikan
-       Kelestarian pantai tidak dapat terjaga kelestariannya tanpa campur tangan kita ( wisatawan, pihak yang terkait, dan   masyarkat pantai itu sendiri )
-          Merelakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kelestarian biota laut.
-          Mewujudkan kawasan pantai yang sehat dan berbudaya dengan kearifan lokal.
-          Menyebarkan gagasan ini kepada masyarakat luas dan siapa saja yang peduli terhadap kawasan pantai.
Tujuan akhir dari aksi  ini adalah kepedulian kita bersama untuk menjaga kelestarian pantai dikawasan Kabupaten Gunungkidul.








 

 


Tidak ada komentar: